ETIKA BISNIS DAN E-COMMERCE
n - Dalam Teknologi Informasi, aspek “bisnis” adalah bagian
dalam pengembangan teknologi.
n - Bisnis untuk tujuan pencarian keuntungan.
BISNIS DAN ETIKA
n - Dua pandangan berbeda :
n - Bisnis tetap bisnis dengan memfokuskan pa-da tujuan
pencarian keuntungan dan sangat sulit dicampur adukkan dengan etika
n - Bisnis perlu
dilandasi pertimbangan-pertim-bangan yang etis karena di samping mencari
keuntungan juga bertujuan memperjuang-kan nilai-nilai yang bersifat manusiawi.
Kenapa etika diperlukan dalam bisnis?
n -Selain mempertaruhkan barang dan uang untuk tujuan
keuntungan, bisnis juga mem-pertaruhkan nama, harga diri bahkan mungkin nasib
manusia yang terlibat didalamnya.
n - Bisnis adalah bagian penting dalam masya-rakat. Bisnis
dilakukan antara manusia yang satu dengan manusia lainnya dan menyang-kut hubungan tersebut. Sebagai
manusia, bisnis juga membutuhkan etika yang setidak-nya mampu memberikan
pedoman bagi pihak-pihak yang melakukannya.
n - Bisnis adalah kegiatan yang mengutamakan rasa saling
percaya. Dengan saling percaya maka suatu kegiatan bisnis akan berkembang
karena memiliki relasi yang dapat dipercaya dan mempercayai. Sehingga etika
dibutuhkan untuk semakin menumbuhkan dan memper-kuat rasa saling percaya
tersebut.
ETIKA BISNIS
n - Kegiatan bisnis yang makin merebak menimbulkan tantangan
baru, yaitu adanya tuntutan praktik bisnis yang baik, etis à Etika dalam berusaha
n - Praktik usaha yang tidak etis dapat mengurangi
produktivitas dan me-ngekang efisiensi dalam bisnis.
n - Richard T. de George
n- Penerapan prinsip-prinsip etika umum pada praktik-praktik
khusus dalam bisnis.
n -Etika bisnis tidak hanya menyangkut penerapan prinsip etika
pada kegiatan bis-nis, tetapi merupakan “meta-etika” yang ju-ga menyoroti
apakah perilaku yang dinilai etis atau tidak secara individu dapat diterapkan
pada organisasi atau perusahaan bisnis.
n -Bidang penelaahan etika bisnis menyangkut asumsi mengenai
bisnis. Dalam hal ini, etika bisnis juga menyoroti moralitas sistem ekonomi
pada umumnya serta sistem ekonomi suatu negara pada khususnya.
n -Etika bisnis juga menyangkutbidang yang biasanya meluas
lebih dari sekedar etika, seperti misalnya ekonomi dan teori organisasi.
n - Etika bisnis akan memberikan pelajaran bahwa bisnis yang
“berhasil” tidak hanya bisnis yang menuai keuntungan secara material saja
melainkan bisnis yang bergerak secara etis membawa serta tanggung jawab dan
memelihara hubungan baik antar manusia yang terlibat di dalamnya.
Prinsip-prinsip Etika Bisnis
n -Sony Keraf (1991) à Etika Bisnis: Membangun Citra Bisnis sebagai Profesi Luhur
n- Prinsip Otonomi
n -Prinsip Kejujuran
n -Prinsip Berbuat Baik dan Tidak Berbuat Jahat
n -Prinsip Keadilan
n -Prinsip Hormat pada Diri Sendiri
PRINSIP OTONOMI
n- Manusia dapat bertindak secara bebas berdasarkan kesadaran
sendiri tentang apa yang dianggap baik untuk dilakukan, tetapi otonomi juga
memerlukan adanya tanggungjawab.
Kebebasan
yang bertanggungjawab.
Orang
yang otonom adalah orang yang tidak saja sadar akan kewajibannya tetapi juga
mempertanggungjawabkan keputusan dan tindakannya, mampu bertanggungjawab atas
keputusan yang diambilnya serta dampak dari keputusan tersebut.
PRINSIP KEJUJURAN
n - Kejujuran untuk menjamin kelanggengan sebuah kegiatan
bisnis.
Prinsip berbuat baik dan tidak berbuat jahat
n -Berbuat baik (beneficence) dan tidak berbuat jahat
(nonmaleficence) à prinsip moral untuk bertindak baik kepada orang lain dalam
segala bidang.
n -Dasar prinsip tersebut akan membangun prinsip-prinsip
hubungan dengan sesama.
Prinsip Keadilan
n -Merupakan prinsip yang menuntut bahwa dalam hubungan
bisnis, seseorang memperlakukan orang lain sesuai haknya.
n -Di dalam prinsip, keseimbangan antara hak dan kewajiban
menjadi bagian terpenting dalam bisnis.
Prinsip Hormat pada Diri Sendiri
n Prinsip menghargai diri sendiri.
n Dalam melakukan hubungan bisnis, manusia memiliki kewajiban
moral untuk memperlakukan dirinya sebagai pribadi yang memiliki nilai sama
dengan pribadi lainnya.
Bisnis di bidang Teknologi Informasi
n -Bisnis di Bidang Industri Perangkat Keras
n -Bisnis di Bidang Perangkat Lunak
n -Bisnis di Bidang Distribusi dan Penjualan Barang
n -Bisnis di Bidang Pendidikan Teknolgi Informasi
n -Bisnis di Bidang Pemeliharaan Teknologi Informasi
Tantangan Umum Bisnis di Bidang TI
n -Tantangan inovasi dan perubahan yang cepat
n -Tantangan pasar dan pemasaran di era globalisasi.
n -Tantangan pergaulan internasional
n -Tantangan pengembangan sikap dan tanggung jawab pribadi.
n -Tantangan pengembangan sumber daya manusia.
E-commerce: Etika Baru bisnis TI dan tantangannya
n -Teknologi informasi -àinternet
Paradigma Teknologi Manajemen
n -Definisi E-Commerce ( Electronic
Commerce) : E-commerce merupakan suatu cara berbelanja atau
berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas
Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and
deliver“.
n -E-commerce akan merubah semua kegiatan
marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan
trading (perdagangan) .
Pengambilan Keputusan Organisasi
n - Proses yang ada dalam E-commerce adalah sebagai
berikut :
n- Presentasi electronis (Pembuatan Web site) untuk produk dan
layanan.
n -Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan.
n -Otomasi account Pelanggan secara aman (baik nomor rekening
maupun nomor Kartu Kredit).
n -Pembayaran yang dilakukan secara Langsung (online) dan
penanganan transaksi
n -Keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transaksi
melalui E-commerce bagi suatu perusahaan adalah sebagai berikut :
n- Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel
yang biayanya lebih murah.
n -Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas,
seperti biaya pos surat, pencetakan, report, dan sebagainya.
n -Mengurangi keterlambatan dengan mengunakan transfer
elektronik / pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung dicek.
n -Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih
responsif.
Beberapa masalah dalam e-commerce
n -Prinsip yuridikasi dalam internet
Sistem
hukum tradisional memiliki yuridikasi dalam sebuah transaksi yang jelas, yaitu
menyangkut tempat,hukum kontrak. E-commerce memunculkan masalah, tempat dan
hukum kontrak harus ditetapkan secara lintas batas (sifat cyberspace yang
borederless atau tidak mengenal batas-batas suatu negara).
n -Kontrak dalam transaksi elektronik
Kontrak
merupakan bukti kesepakatan anatara kedua belah pihak yang melakukan transaksi
komersial.
dalam
e-commerce, kontrak dilakukan secara elektronis dan paperless tranasction.
Dokumen yang digunakan adalah digital document bukan paper document
n -Perlindungan konsumen
Konsumen
merupakan pihak yang menentukan kelangsungan hidup perdagangan elektronik.
Masalah yang ada
à -kecurangan yang sering dilakukan
penjual mengingat keberadaannya. (virtual shop yang fiktif).
à- kondisi barang yang dibeli, misal
barang yang dikirimkan dalam keadaan rusak, adanya keterlambatan pengiriman
atau bahkan barang yang telah dibeli tidak dikirimkan kepada pembeli.
n -Permasalahan pajak
Muncul
ketika dihadapkan pada batas negara. Masing-masing negara akan menemui
kesulitan dalam menerapkan ketentuan-ketentuan pajak karena pembeli dan penjual
sulit dilacak keberadaannya secara fisik.
n -Pemalsuan tanda tangan digital
Tujuan
suatu tanda tangan dalam suatu dokumen adalah memastikan otensitas dokumen
tersebut.Tanda tangan digital untuk menandai suatu dokumen sehingga dokumen
atau data tidak hanya mengidentifikasi pengirim, tetapi untuk memastikan
keutuhan dari dokumen tidak berubah selama proses transmisi.
Model Hukum Perdagangan Elektronik
n -Acuan internasional : Uncitral Model Law on Electronic
Commerce 1996.
n -Disetujui oleh General Assembly Ressolution No 51/162
tanggal 16 Desember 1996
n -Pengakuan secara yuridis terhadap suatu data messages.
Suatu
informasi mempunyai implikasi hukum, validitas dan dapat dijalankan meskipun
bentuknya data messages.
n -Pengakuan tanda tangan digital
apabila
terdapat peraturan yang membutuhkan tandatangan seseorang maka persyaratan
tersebut dapat dipenuhi oleh data messages apabila:
n- Terdapat suatu metode yang dapat mengidentikasikan
seseorang dan dapat memberi indikasi bahawa informasi yang terdapat dalam data
messages telah disetujui.
n -Metode tersebut dapat diandalkan dalam membuat dalam
berbagai situasi
n -Adanya Pengakuan atas originilitas data messages
n- Terdapat jaminan yang dapat diandalkan terhadap keutuhan
informasi sejak pertama dibuat, dalam bentuk akhirnya sebagai suatu data
messages atau lainnya.
n -Pada saat informasi itu perlu ditunjukkan, informasi
tersebut dapat ditunjukkan/diperlihatkan kepada orang yang membutuhkannya.
n -Data messages dapat memenuhi syarat pembuktian hukum
Kekuatan
pembuktian suatu data messages harus didasarkan pada tingkat
keandalan/keakuratan/reliability. Pada saat data messages diciptakan, disimpan
atau dikomunikasikan, keandalan tersebut dalam hubungannya dengan kemampuan
mempertahankan keutuhan informasi.
n Pengakuan atas dokumentasi dalam data messages
n Setiap informasi yang terkandung di dalamanyadapat diakses
atau digunakan sebagai referensi.
n Informasi tersebut tetap dipertahankan dalam format yang
sama dengan format pertama diciptakan, dikirim atau diterima
n Setiap informasi, sedapat mungkin dipertahankan untuk
mempermudah identifikasi terhadap asal dan tujuan data messages serta waktu
saat dikirim dan diterima
0 komentar:
Posting Komentar