Anda Pengunjung Yang Ke-

About Me

Foto Saya
sharing ilmu yukk with bellasallsa
haii..haii nama bella,,Mahasiswa dari salah satu sekolah tinggi di Banjarbaru, q menulis blog ini untuk bisa saling sharing ilmu. jadi bisa nambah-nambah pengetahuan gthu deh. ok kita disini bahasnya santai n ringan aza ya,,sipp...lanjutt....
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.
Butterfly Over Flower Flying
RSS

ANALISIS PROSES BISNIS

Pengertian Pemasaran

Pemasaran – suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok menda-patkan apa yang mereka butuh-kan dan inginkan dengan men-ciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang yang bernilai dengan pihak lain.
Definisi pemasaran ini bersandar pada konsep inti berikut :
     Needs – kebutuhan
     Wants – keinginan
     Demands – permintaan
     Produk (barang, jasa, dan gagasan)
     Nilai, biaya, dan kepuasan
     Pertukaran, dan transaksi
     Hubungan, dan jaringan
     Pasar
     Pemasar, dan prospek. 
     Kebutuhan manusia (human needs) – ketidak beradaan bebe-rapa kepuasan dasar. Mis; makanan, pakaian, tempat berlin-dung, keamanan, hak milik, dan harga diri. Kebutuhan – meru-pakan hakikat biologis dan kondisi manusia.
     Keinginan (wants) – hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesi-fik. Mis; kita orang Indonesia makanannya nasi, orang Amerika menginginkan hamburger, kentang goreng, dsb.
     Permintaan (demands) – keinginan produk spesifik yang didu-kung oleh kemampuan dan kesediaan untk membelinya. Keinginan menjadi permintaan bila didukung daya beli. Banyak orang menginginkan Mercedes, namun hanya sedikit yang mampu dan bersedia membelinya.
1. Apa yang dimaksud dengan human needs, wants, dan demands, jelaskan masing-masing dan apa yang membedakan dari ketiga hal tersebut, jelaskan?.

PENGERTIAN PEMASARAN PRODUK
      Produk – segala sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuas-kan suatu kebutuhan dan keinginan. Istilah lain bisa juga disebut penawaran (offering) dan pemecahan (solution).
      Produk/penawaran dapat dibedakan menjadi 3 jenis :
1.      Barang fisik – komputer, mobil, rumah, HP, dsb.
2.      Jasa – pemasangan, pengiriman, pelatihan, pemeliharaan.
3.      Gagasan – penyelamatan, persaudaraan, dsb.
      Jasa juga diberikan oleh sarana lain, seperti orang, tempat, ke-giatan, organisasi, atau gagasan. Mis; jika kita sedang bosan, kita dapat pergi ke komedi untuk melihat pelawak (orang, berli-bur ke bali (tempat), pergi ke klub kesehatan (kegiatan), berga-bung dengan klub petualang (organisasi), menganut falsafah hidup yang berbeda (gagasan).
      1. Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan. Kalau sdr. ingin menjalankan suatu bisnis produk apa yang akan sdr. Tawarkan, dan apa alasan sdr. Memilih produk tersebut, dan bagaimana prospeknya?.
PENGERTIAN PEMASARAN
NILAI, BIAYA, DAN KEPUASAN
       Nilai (value) – perkiraan konsumen atas seluruh kemampuan produk untuk memuaskan kebutuhannya. Mis; kita akan ketem-pat kerja kalau kita diberi pilihan, naik sepeda, jalan kaki, naik motor, naik mobil. Apabila pilihan ini semua tanpa ada biaya maka kita akan memilih naik mobil yang mempunyai kecepatan dan kenyamanan lebih baik. Karena masing-masing produk mempunyai   biaya (cost), kita tidak akan langsung memilih mobil, yang biayanya jauh lebih besar dari yang lain.
      Kalau menurut DeRose nilai – pemenuhan tuntutan pelanggan dengan biaya perolehan, pemilikan, dan penggunaan terendah.
1. Silahkan sdr. Jelaskan apa yang dimaksud dari value suatu barang atau jasa?
PERTUKARAN DAN TRANSAKSI
§  Pertukaran (exchange) – tindakan memperoleh barang yang di-kehendaki dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan. Terdapat 5 kondisi yang harus terpenuhi agar pertukar-an terjadi :
1.      Terdapat sedikitnya dua pihak
2.      Masing-masing pihak memiliki sesuatu yang mungkin berhar-ga bagi pihak lain.
3.      Masing-masing pihak mampu berkomunikasi dan melakukan penyerahan.
4.      Masing-masing pihak bebas menerima atau menolak tawaran pertukaran.
5.      Masing-masing pihak yakin bahwa berunding dengan pihak lain adalah layak dan bermanfaat.
1.      Apa saja syarat agar exchange dapat terjadi, jelaskan menurut pendapat masing-masing?.
Transaksi – dua pihak terlibat dalam pertukaran dimana terjadi perundingan dan mengarah ke suatu kesepakatan. Apabila terjadi kesepakatan maka terjadi transaksi.
 Sebuah transaksi melibatkan beberapa aspek :
§   Sekurang-kurangnya dua benda yang bernilai, persyaratan yang disetujui, waktu persetujuan, dan tempat persetujuan.
§  Agar pertukaran dapat berhasil, pemasar menganalisa apa yang diharapkan dan diberikan oleh masing-masing pihak  dari suatu transaksi.  Contoh yang diharapkan bisa berupa manfaat, bentuk/model, kualitas, harga, dsb.
1.      Agar sebuah transaksi dapat terjadi aspek apa saja yang harus terlibat, sebut dan jelaskan?
2.      Agar pertukaran dapat berhasil dengan baik maka perlu adanya harapan dari apa yang akan ditukarkan, apa saja harapan manfaat tersebut, sebut dan jelaskan?.
HUBUNGAN DAN JARINGAN
§  Pemasaran hubungan (relationship marketing) – praktik mem-bangun hubungan jangka panjang yang memuaskan dengan pihak-pihak kunci pelanggan, pemasok, penyalur – guna mem-pertahankan preferensi dan bisnis jangka panjang.
§  Pemasar yang cerdik berusaha membangun hubungan jangka panjang yang saling mempercayai dan saling menguntungkan dengan pelanggan, penyalur, dealer, dan pemasok mereka yang berharga.
§  Hasil pemasaran hubungan yang utama – pengembangan aset unik perusahaan yang disebut jaringan pemasaran. Jaringan pemasaran terdiri dari perusahaan dan semua pihak-pihak pen-dukung yang berkepentingan : pelanggan, pekerja, pemasok, penyalur, pengecer, agen iklan, ilmuwan universitas, dan pihak-pihak lain yang telah membangun hubungan menguntungkan.
1.Silahkan sdr. Jelaskan apa yang dimaksud dengan relationship marketing dan kenapa hal tersebut diperlukan dalam bisnis?
Daftar Keinginan Construction. Co.
1.      Peralatan berkualitas tinggi dan tahan lama
2.      Harga yang wajar
3.      Pengiriman peralatan yang tepat waktu
4.      Syarat pembiayaan yang baik
5.      Suku cadang dan servis yang baik 
Daftar Keinginan Caterpillar
1. Harga yang baik bagi peralatan
2. Pembayaran tepat waktu
3. Berita dari mulut ke mulut yang baik
PASAR
Ø  Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu yang sama, yang mungkin bersedia dan mampu melaksanakan pertukaran untuk memu-askan kebutuhan dan keinginannya.
Ø  Dilihat dari pengertian ini, maka ukuran pasar bergantung pada jumlah orang yang menunjukkan kebutuhan dan keinginan, memiliki sumberdaya yang menarik pihak lain, serta bersedia dan mampu menawarkan sumberdaya ini untuk ditukar dengan apa yang mereka inginkan.
Ø  Dalam pengertian ini, pemasar memandang penjual sebagai industri dan pembeli sebagai pasar. Penjelasan tentang hubungan antara industri dan pasar bisa dilihat pada gambar berikut :
1.Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu, silahkan sdr. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pelanggan potensial dari pengertian tersebut?
MANAJEMEN PEMASARAN
§  MP – proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, pene-tapan harga, promosi, serta penyaluran gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi.
§  Definisi MP ini melibatkan analisa, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian; mencakup barang, jasa, dan gagasan; yang tergantung pada pertukaran, dengan tujuan menghasilkan kepuasan bagi pihak-pihak yang terlibat.
§  Manajemen Pemasaran dapat diterapkan disemua pasar.
§  Manajer pemasaran – bertugas mempengaruhi tingkat, waktu, dan komposisi permintaan sehingga akan membantu organisasi mencapai tujuan.
 
KONSEP DALAM PEMASARAN
§  Konsep Produksi (The Production Concept) – konsep ini menya-takan bahwa, konsumen akan menyukai produk yang tersedia, selaras dengan kemampuannya. Manajemen harus berupaya untuk meningkatkan efisiensi produksi dan distribusi.
§  Konsep Produk (The Product Concept) – konsumen akan me-nyukai produk yang menawarkan kualitas dan prestasi terbaik serta keistimewaan yang menonjol. Oleh karenanya produsen harus berupaya untuk memperbaiki produk secara terus menerus.
§  Konsep Penjulan (The Selling Concept) – konsumen tidak akan membeli cukup banyak produk, kecuali jika produsen mengupa-yakan promosi dan penjualan yang agresif. Tugas utama produsen adalah mencapai volume penjualan yang setinggi-tingginya. Konsumen didorong untuk membeli sebanyaknya.
1.      Di dalam the production concept terdapat pernyataan yang berbunyi konsumen menyukai produk yang tersedia, selaras dengan kemampuannya, bagaimana sdr. Sebagai seorang pelaksana bisnis menterjemahkan pernyataan tersebut, jelaskan pendapat sdr.?.
Konsep Pemasaran (The Marketing Concept) – konsep ini be-ranggapan bahwa kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan perusahaan adalah terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta pemberian kepuasan yang diinginkan secara lebih baik daripada yang dilakukan oleh para pesaingnya. Tugas perusahaan adalah memberikan kepuasan kelompok pembeli, untuk itu diperlukan riset pemasaran agar dapat diketahui pola keinginan pembeli, kepuasan konsumen dapat menimbulkan loyalitas dan kesan baik. Apabila perusaha-an menganut konsep ini, maka semua kegiatan akan diarahkan kepada keinginan konsumen (consumer oriented). Bagian pe-masaran berperan aktif semenjak mulainya proses produksi ka-rena konsumenlah yang akan menjadi tujuan utama yaitu kepu-asannya, tidak hanya meningkatkan volume penjualan saja.
1.      Apa isi inti  dari the marketing concept yang sdr. ketahui jelaskan dan bagaimana cara mencapai isi inti tersebut di dalam dunia bisnis?
Konsep Pemasaran Kemasyarakatan (The Sociatal Marketing Concept) – tugas perusahaan adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diinginkan dengan lebih baik daripada yang diberikan oleh pesaing-pesaing perusahaan, sehingga dapat mempertahankan dan mempertinggi kesejahteraan masyarakat. Konsep ini mengupayakan untuk menjaga kepentingan masya-rakat dalam jangka panjang, disamping tujuan yang lain yaitu memuaskan kepentingan kebutuhan konsumen. Dalam jangka panjang kepuasan konsumen merupakan hal yang sangat menguntungkan perusahaan. Kepuasan konsumen ini akan diperoleh apabila perusahaan pandai dalam mengadakan penelitian konsumen serta menentukan strategi pemasaran yang tepat.
1. Apa maksud dari the sociatal marketing concept, serta apa tujuan dari konsep tersebut dilakukan?
SEGMENTASI PASAR
l  Segmentasi Pasar yaitu tindakan membagi suatu pasar yang bersifat heterogen ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen.
l  Perusahaan dapat memusatkan kegiatan pemasarannya pada segmen-segmen pasar yang dipilih. Masing-masing segmen tersebut bersifat homogen.
l  Syarat untuk mengadakan seg-mentasi pasar :
l  Dapat diukur (Measurability). Be-sarnya pasar dan daya beli seg-men ini dapat diukur.
1.Kalau sdr. Sebagai seorang manajer marketing, apa yang bisa digunakan untuk membuat segmentasi pasar, sebut dan jelaskan?.
2.Apa saja syarat untuk membuat segmentasi pasar, sebut dan jelaskan?
b. Dapat terjangkau (Accessibility).
    Sampai sejauhmana segmen ini dapat secara efektif dicapai dan dilayani.
c. Besarnya (Substantiality).
    Sejauhmana segmen ini cukup menguntungkan. Sebuah segmen haruslah kelompok homogen sebesar mungkin yang sejalan dengan program pemasaran.
d. Dapat dilaksanakan (Actionability).
    Hal ini merupakan ukuran seberapa jauh program-program yang efektif dapat dirancang untuk menarik segmen pasar. Mis; perusahaan dengan tenaga kerja yang terbatas ingin melaku-kan pembagian pasar dalam jumlah yang besar, maka disini perusahaan akan kesulitan dalam mengembangkan program.
MEMILIH PASAR SASARAN
Ø  Philip Kotler mengemukakan 3 strategi memilih pasar sasaran :
1.      Pemasaran Serba Sama (Undifferentiated Marketing) – disini perusahaan memutuskan untuk mengabaikan perbedaan seg-men pasar dan mengikuti keseluruhan hanya dengan satu tawaran produk/jasa.
2.      Pemasaran Serba Aneka (Differentiated Marketing) – perusaha-an memutuskan untuk beroperasi dalam beberapa segmen pasar tetapi merancang tawaran tersendiri.
3.      Pemasaran Terpusat (Concentrated Marketing) – pemasaran terpusat terjadi manakala perusahaan memutuskan untuk mem-bagi pasar menjadi segmen-segmen tertentu dan memutuskan upaya pemasaran yang besar pada satu segmen saja. Umumnya strategi ini digunakan oleh perusahaan yang tidak mampu melayani banyak kelompok.
1. Apa saja strategi yang bisa digunakan untuk memilih pasar sasaran menurut Philip Kotler, sebut dan jelaskan?.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar