Pengertian Pemasaran
Pemasaran – suatu proses sosial dan
manajerial yang didalamnya individu dan kelompok menda-patkan apa yang mereka
butuh-kan dan inginkan dengan men-ciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan
produk yang yang bernilai dengan pihak lain.
Definisi pemasaran ini bersandar pada
konsep inti berikut :
–
Needs – kebutuhan
–
Wants – keinginan
–
Demands – permintaan
–
Produk
(barang, jasa, dan gagasan)
–
Nilai,
biaya, dan kepuasan
–
Pertukaran,
dan transaksi
–
Hubungan,
dan jaringan
–
Pasar
–
Pemasar,
dan prospek.
–
Kebutuhan
manusia (human needs) – ketidak beradaan bebe-rapa kepuasan dasar. Mis;
makanan, pakaian, tempat berlin-dung, keamanan, hak milik, dan harga diri.
Kebutuhan – meru-pakan hakikat biologis dan kondisi manusia.
–
Keinginan
(wants) – hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesi-fik. Mis; kita orang
Indonesia makanannya nasi, orang Amerika menginginkan hamburger, kentang
goreng, dsb.
–
Permintaan
(demands) – keinginan produk spesifik yang didu-kung oleh kemampuan dan
kesediaan untk membelinya. Keinginan menjadi permintaan bila didukung daya
beli. Banyak orang menginginkan Mercedes, namun hanya sedikit yang mampu dan
bersedia membelinya.
1. Apa yang
dimaksud dengan human needs, wants, dan demands, jelaskan masing-masing dan apa
yang membedakan dari ketiga hal tersebut, jelaskan?.
PENGERTIAN PEMASARAN PRODUK
•
Produk
– segala sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuas-kan suatu kebutuhan dan
keinginan. Istilah lain bisa juga disebut penawaran (offering) dan
pemecahan (solution).
•
Produk/penawaran
dapat dibedakan menjadi 3 jenis :
1.
Barang
fisik – komputer, mobil, rumah, HP, dsb.
2.
Jasa
– pemasangan, pengiriman, pelatihan, pemeliharaan.
3.
Gagasan
– penyelamatan, persaudaraan, dsb.
•
Jasa
juga diberikan oleh sarana lain, seperti orang, tempat, ke-giatan, organisasi,
atau gagasan. Mis; jika kita sedang bosan, kita dapat pergi ke komedi untuk
melihat pelawak (orang, berli-bur ke bali (tempat), pergi ke klub kesehatan
(kegiatan), berga-bung dengan klub petualang (organisasi), menganut falsafah
hidup yang berbeda (gagasan).
•
1.
Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuaskan suatu kebutuhan dan
keinginan. Kalau sdr. ingin menjalankan suatu bisnis produk apa yang akan sdr.
Tawarkan, dan apa alasan sdr. Memilih produk tersebut, dan bagaimana
prospeknya?.
PENGERTIAN PEMASARAN
NILAI, BIAYA, DAN KEPUASAN
NILAI, BIAYA, DAN KEPUASAN
•
Nilai (value) – perkiraan konsumen atas
seluruh kemampuan produk untuk memuaskan kebutuhannya. Mis; kita akan ketem-pat
kerja kalau kita diberi pilihan, naik sepeda, jalan kaki, naik motor, naik
mobil. Apabila pilihan ini semua tanpa ada biaya maka kita akan memilih naik
mobil yang mempunyai kecepatan dan kenyamanan lebih baik. Karena masing-masing
produk mempunyai biaya (cost),
kita tidak akan langsung memilih mobil, yang biayanya jauh lebih besar dari
yang lain.
•
Kalau
menurut DeRose nilai – pemenuhan tuntutan pelanggan dengan biaya perolehan,
pemilikan, dan penggunaan terendah.
1. Silahkan sdr.
Jelaskan apa yang dimaksud dari value suatu barang atau jasa?
PERTUKARAN DAN TRANSAKSI
§ Pertukaran (exchange)
– tindakan memperoleh barang yang di-kehendaki dari seseorang dengan menawarkan
sesuatu sebagai imbalan. Terdapat 5 kondisi yang harus terpenuhi agar
pertukar-an terjadi :
1.
Terdapat
sedikitnya dua pihak
2.
Masing-masing
pihak memiliki sesuatu yang mungkin berhar-ga bagi pihak lain.
3.
Masing-masing
pihak mampu berkomunikasi dan melakukan penyerahan.
4.
Masing-masing
pihak bebas menerima atau menolak tawaran pertukaran.
5.
Masing-masing
pihak yakin bahwa berunding dengan pihak lain adalah layak dan bermanfaat.
1.
Apa
saja syarat agar exchange dapat terjadi, jelaskan menurut pendapat
masing-masing?.
Transaksi – dua pihak
terlibat dalam pertukaran dimana terjadi perundingan dan mengarah ke suatu
kesepakatan. Apabila terjadi kesepakatan maka terjadi transaksi.
Sebuah transaksi melibatkan beberapa aspek :
§ Sekurang-kurangnya dua benda yang bernilai,
persyaratan yang disetujui, waktu persetujuan, dan tempat persetujuan.
§ Agar pertukaran
dapat berhasil, pemasar menganalisa apa yang diharapkan dan diberikan oleh
masing-masing pihak dari suatu
transaksi. Contoh yang diharapkan bisa
berupa manfaat, bentuk/model, kualitas, harga, dsb.
1.
Agar sebuah
transaksi dapat terjadi aspek apa saja yang harus terlibat, sebut dan jelaskan?
2.
Agar pertukaran
dapat berhasil dengan baik maka perlu adanya harapan dari apa yang akan
ditukarkan, apa saja harapan manfaat tersebut, sebut dan jelaskan?.
HUBUNGAN DAN JARINGAN
§ Pemasaran
hubungan (relationship marketing) – praktik mem-bangun hubungan jangka
panjang yang memuaskan dengan pihak-pihak kunci pelanggan, pemasok, penyalur –
guna mem-pertahankan preferensi dan bisnis jangka panjang.
§ Pemasar yang
cerdik berusaha membangun hubungan jangka panjang yang saling mempercayai dan
saling menguntungkan dengan pelanggan, penyalur, dealer, dan pemasok mereka
yang berharga.
§ Hasil pemasaran
hubungan yang utama – pengembangan aset unik perusahaan yang disebut jaringan pemasaran.
Jaringan pemasaran terdiri dari perusahaan dan semua pihak-pihak pen-dukung
yang berkepentingan : pelanggan, pekerja, pemasok, penyalur, pengecer, agen
iklan, ilmuwan universitas, dan pihak-pihak lain yang telah membangun hubungan
menguntungkan.
1.Silahkan sdr.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan relationship marketing dan kenapa hal
tersebut diperlukan dalam bisnis?
Daftar Keinginan Construction. Co.
1.
Peralatan berkualitas tinggi dan tahan lama
2.
Harga yang wajar
3.
Pengiriman peralatan yang tepat waktu
4.
Syarat pembiayaan yang baik
5.
Suku cadang dan servis yang baik
Daftar Keinginan
Caterpillar
1. Harga yang
baik bagi peralatan
2. Pembayaran
tepat waktu
3. Berita dari
mulut ke mulut yang baik
PASAR
Ø Pasar terdiri
dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu
yang sama, yang mungkin bersedia dan mampu melaksanakan pertukaran untuk
memu-askan kebutuhan dan keinginannya.
Ø Dilihat dari
pengertian ini, maka ukuran pasar bergantung pada jumlah orang yang menunjukkan
kebutuhan dan keinginan, memiliki sumberdaya yang menarik pihak lain, serta
bersedia dan mampu menawarkan sumberdaya ini untuk ditukar dengan apa yang
mereka inginkan.
Ø Dalam pengertian
ini, pemasar memandang penjual sebagai industri dan pembeli sebagai pasar.
Penjelasan tentang hubungan antara industri dan pasar bisa dilihat pada
gambar berikut :
1.Pasar terdiri
dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu,
silahkan sdr. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pelanggan potensial dari
pengertian tersebut?
MANAJEMEN
PEMASARAN
§ MP – proses
perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, pene-tapan harga, promosi, serta
penyaluran gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang
memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi.
§ Definisi MP ini
melibatkan analisa, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian; mencakup
barang, jasa, dan gagasan; yang tergantung pada pertukaran, dengan tujuan
menghasilkan kepuasan bagi pihak-pihak yang terlibat.
§ Manajemen
Pemasaran dapat diterapkan disemua pasar.
§ Manajer
pemasaran – bertugas mempengaruhi tingkat, waktu, dan komposisi permintaan
sehingga akan membantu organisasi mencapai tujuan.
KONSEP DALAM
PEMASARAN
§ Konsep Produksi
(The Production Concept) – konsep ini menya-takan bahwa, konsumen akan
menyukai produk yang tersedia, selaras dengan kemampuannya. Manajemen harus
berupaya untuk meningkatkan efisiensi produksi dan distribusi.
§ Konsep Produk (The
Product Concept) – konsumen akan me-nyukai produk yang menawarkan kualitas
dan prestasi terbaik serta keistimewaan yang menonjol. Oleh karenanya produsen
harus berupaya untuk memperbaiki produk secara terus menerus.
§ Konsep Penjulan
(The Selling Concept) – konsumen tidak akan membeli cukup banyak produk,
kecuali jika produsen mengupa-yakan promosi dan penjualan yang agresif. Tugas
utama produsen adalah mencapai volume penjualan yang setinggi-tingginya.
Konsumen didorong untuk membeli sebanyaknya.
1.
Di
dalam the production concept terdapat pernyataan yang berbunyi konsumen
menyukai produk yang tersedia, selaras dengan kemampuannya, bagaimana sdr.
Sebagai seorang pelaksana bisnis menterjemahkan pernyataan tersebut, jelaskan
pendapat sdr.?.
Konsep Pemasaran
(The Marketing Concept) – konsep ini be-ranggapan bahwa kunci
keberhasilan dalam mencapai tujuan perusahaan adalah terdiri dari penentuan
kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta pemberian kepuasan yang diinginkan
secara lebih baik daripada yang dilakukan oleh para pesaingnya. Tugas
perusahaan adalah memberikan kepuasan kelompok pembeli, untuk itu diperlukan
riset pemasaran agar dapat diketahui pola keinginan pembeli, kepuasan konsumen
dapat menimbulkan loyalitas dan kesan baik. Apabila perusaha-an menganut konsep
ini, maka semua kegiatan akan diarahkan kepada keinginan konsumen (consumer
oriented). Bagian pe-masaran berperan aktif semenjak mulainya proses
produksi ka-rena konsumenlah yang akan menjadi tujuan utama yaitu kepu-asannya,
tidak hanya meningkatkan volume penjualan saja.
1.
Apa
isi inti dari the marketing concept yang
sdr. ketahui jelaskan dan bagaimana cara mencapai isi inti tersebut di dalam
dunia bisnis?
Konsep Pemasaran
Kemasyarakatan (The Sociatal Marketing Concept) – tugas perusahaan
adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta
memberikan kepuasan yang diinginkan dengan lebih baik daripada yang diberikan
oleh pesaing-pesaing perusahaan, sehingga dapat mempertahankan dan mempertinggi
kesejahteraan masyarakat. Konsep ini mengupayakan untuk menjaga kepentingan
masya-rakat dalam jangka panjang, disamping tujuan yang lain yaitu memuaskan
kepentingan kebutuhan konsumen. Dalam jangka panjang kepuasan konsumen
merupakan hal yang sangat menguntungkan perusahaan. Kepuasan konsumen ini akan
diperoleh apabila perusahaan pandai dalam mengadakan penelitian konsumen serta
menentukan strategi pemasaran yang tepat.
1. Apa maksud
dari the sociatal marketing concept, serta apa tujuan dari konsep
tersebut dilakukan?
SEGMENTASI PASAR
l Segmentasi Pasar
yaitu tindakan membagi suatu pasar yang bersifat heterogen ke dalam
satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen.
l Perusahaan dapat
memusatkan kegiatan pemasarannya pada segmen-segmen pasar yang dipilih.
Masing-masing segmen tersebut bersifat homogen.
l Syarat untuk
mengadakan seg-mentasi pasar :
l Dapat diukur (Measurability).
Be-sarnya pasar dan daya beli seg-men ini dapat diukur.
1.Kalau sdr. Sebagai seorang manajer marketing, apa
yang bisa digunakan untuk membuat segmentasi pasar, sebut dan jelaskan?.
2.Apa saja syarat untuk membuat segmentasi pasar,
sebut dan jelaskan?
b. Dapat terjangkau (Accessibility).
Sampai sejauhmana segmen ini dapat secara efektif dicapai dan dilayani.
c. Besarnya (Substantiality).
Sejauhmana segmen ini cukup menguntungkan. Sebuah segmen haruslah
kelompok homogen sebesar mungkin yang sejalan dengan program pemasaran.
d. Dapat dilaksanakan (Actionability).
Hal ini merupakan ukuran seberapa jauh program-program yang efektif
dapat dirancang untuk menarik segmen pasar. Mis; perusahaan dengan tenaga kerja
yang terbatas ingin melaku-kan pembagian pasar dalam jumlah yang besar, maka
disini perusahaan akan kesulitan dalam mengembangkan program.
MEMILIH PASAR SASARAN
Ø Philip Kotler mengemukakan 3
strategi memilih pasar sasaran :
1.
Pemasaran
Serba Sama (Undifferentiated Marketing) – disini perusahaan memutuskan
untuk mengabaikan perbedaan seg-men pasar dan mengikuti keseluruhan hanya
dengan satu tawaran produk/jasa.
2.
Pemasaran
Serba Aneka (Differentiated Marketing) – perusaha-an memutuskan untuk
beroperasi dalam beberapa segmen pasar tetapi merancang tawaran tersendiri.
3.
Pemasaran
Terpusat (Concentrated Marketing) – pemasaran terpusat terjadi manakala
perusahaan memutuskan untuk mem-bagi pasar menjadi segmen-segmen tertentu dan
memutuskan upaya pemasaran yang besar pada satu segmen saja. Umumnya strategi
ini digunakan oleh perusahaan yang tidak mampu melayani banyak kelompok.
1. Apa saja
strategi yang bisa digunakan untuk memilih pasar sasaran menurut Philip Kotler,
sebut dan jelaskan?.
0 komentar:
Posting Komentar