Anda Pengunjung Yang Ke-

About Me

Foto Saya
sharing ilmu yukk with bellasallsa
haii..haii nama bella,,Mahasiswa dari salah satu sekolah tinggi di Banjarbaru, q menulis blog ini untuk bisa saling sharing ilmu. jadi bisa nambah-nambah pengetahuan gthu deh. ok kita disini bahasnya santai n ringan aza ya,,sipp...lanjutt....
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.
Butterfly Over Flower Flying
RSS

Penelitian MetPen

-->

Perancangan dan Pembangunan Sistem Aplikasi Penjualan berbasis WAP pada Toko Buku Gramedia Banjarmasin

 

1.1 Latar Belakang


Toko buku Gramedia merupakan salah satu toko buku besar di Indonesia. Di setiap propinsi Indonesia toko buku ini telah memiliki cabang. Di propinsi Kalimantan Selatan toko buku ini telah memiliki dua cabang. Kedua cabang toko ini terletak pada kota yang sama, Yaitu Banjarmasin. Dengan demikian di kota lain belum ada cabang toko buku gramedi. Hal ini menyebabkan aspek pemasaran dan penjualan buku paling optimal hanya menjangkau Banjarmasin. Sedangkan aspek pemasaran dan penjualan untuk kota lain dinilai belum optimal.

Toko buku Gramedia Duta Mall Banjarmasin merupakan salah satu cabang toko buku Gramedia yang terletak di propinsi Kalimantam Selatan. Toko buku ini berniat untuk meningkatkan jangkauan pelanggan. Strategi yang direncanakan adalah mengoptimalkan daerah pemasaran diluar kota Banjarmasin. Selain itu, toko buku ini juga berniat menciptakan inovasi baru untuk memberikan service yang lebih memuaskan kepada public. Maka dari itu, toko buku ini perlu mengembangkan suatu system penjualan baru.

Pengembangan system penjualan baru juga dimaksudkan untuk melengkapi system penjualan berbasis computer yang sudah ada/ sedang berjalan guna menutupi kelemahan pada system penjualan tersebut . Kelemahan dari sistem penjualan yang ada dilihat dari sudut efesiensi waktu adalah untuk melakukan kegiatan transaksi pembelian, pembeli harus meluangkan cukup banyak waktu untuk datang langsung ke toko buku karena aktifitasnya yang super sibuk. Selain itu, ada juga pembeli yang memang malas untuk datang langsung ke lokasi toko buku terkait dengan beberapa factor seperti:
a)      Resiko kemacetan dan keamanan di jalan
b)       Mekanisme parker kendaraan di kawasan mall yang agak rumit
c)       Kesulitan dalam mencari buku yang dicari pada catalog yang koleksi bukunya begitu banyak
d)      Adanya perasaan takut kalau buku yang dicari tidak ada atau stocknya habis.

Apalagi untuk pembeli di luar kota Banjarmasin, tentunya factor-faktor diatas pengaruhnya akan terasa lebih kuat yang mengakibatkan mereka malas untuk datang langsung ke lokasi toko buku. Hal ini disebabkan pelanggan di luar kota Banjarmasin harus meluangkan tenaga dan waktu ekstrauntuk datang langsung ke lokasi toko buku.
Lalu sistem penjualan yang seperti apa yang perlu dikembangkan? Akhir- akhir ini fenomena penggunaan internet mobile (akses internet melalui ponsel). Sudah menjadi pemandangan yang biasa. Padahal beberapa tahun yang lalu, fenomena tersebut masih merupakan hal yang langka. Hal ini disebabkan karena ponsel-ponsel yang sekarang beredar dimasyarakat sudah melengkapi teknologi WAP yang membuat ponsel dapat mengakses internet secara nirkabel (tanpa kabel) baik dengan memanfaatkan jaringan GPRS maupun 3G . Harga ponsel-ponsel tersebut dipasaran juga relative murah. Dari sisi pengguna internet mobile, mengakses internet melalui ponsel terasa sangat simple dan nyaman. Ponsel ukurannya relative kecil sehingga mudah dibawa kemana- mana, tidak terbatas seperti PC maupun laptop yang cenderung diletakkan di meja apalagi sekarang para operator seluler berlomba-lomba menawarkan harga  yang lebih ekonomis terhadap layanan internet mobile. Dengan begitu, mengakses internet pun menjadi semakin nyaman, murah, kapanpun, dan dimanapun.

1.2 Perumusan Masalah

 

  Belum adanya aplikasi penjualan berbasis WAP pada Toko Buku Gramedia Banjarmasin

1.3 Tujuan

  • untuk membangun aplikasi penjualan pada Toko Buku Gramedia Banjarmasin berbasis WAP

1.4 Manfaat

  • memudahkan pembeli melakukan transaksi pembelian

·        

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

zeus_stimik mengatakan...

mkasih yaa...

q ank stimik jg...
slam zeus.. :)
dos: pa hugo nih, bkin ribet.

sharing ilmu yukk with bellasallsa mengatakan...

smster brp?
ok sma sma

Posting Komentar