Manfaat ekonomis membangun hubungan dengan pelanggan
Banyak
pelaku bisnis akan setuju bhw mencapai loyalitas pelanggan adalah hal yg baik.
Pelanggan
yg loyal lebih baik dari pada pelanggan yg
kurang loyal.
Memiliki
pelanggan yg loyal biasanya menghasilkan dividen sepanjang perjalanan bisnis
perusahaan tsb.
Loyalitas
Loyalitas adalah suatu keadaan pikiran
Loyalitas
adalah konsep yg subyektif,konsep yg paling baik didefinisikan oleh
pelanggan itu sendiri
Loyalitas sebagai persentase dari total
pembelanjaan dlm suatu kategori produk atau jasa.
Loyalitas
IndiKator loyalitas
Waktu
Kontinuitas
Lamanya
suatu hubungan
Aspek
lain dari loyalitas pelanggan yg mengindikasikan eksistensi hubungan pelanggan
adalah kesediaan pelanggan untuk merekomendasikan perusahaan tsb kepada teman,
anggota keluarga atau kolega mereka.
Aspek
emosional, aspek yg penting yg sering dilewatkan aspek hubungan emosional
antara pelanggan yg loyal dgn perusahaan.ikatan emosional inilah yg membuat pelanggan
menjd loyal dan mendorong mereka utk terus berbisnis dan membuat rekomendasi
utk prsh
Loyalitas
Perilaku
Lamanya
suatu hubungan
Pola
pembelian
Proporsi
pengeluaran
Proporsi
pembelanjaan
Berita
dari mulut ke mulut.
Penciptaan nilai menuju loyalitas
Problem
besar yang dihadapi beberapa perusahaan yg tdk memiliki database atau catatan
yg baik ttg pelanggan adalah kesulitan utk mengidentifikasi pelanggan yg pergi.
Tantangannya
adalh memberi pelanggan alasan utk tetap tinggal,yg berarti hrs mengatasi daya tarik insentif harga dgn
menambahkan sebebtuk nilai yg melampaui daya tarik hrg tsb.
Untuk
meningkatkan loyalitas kita harus meningkatkan tingkat kepuasan setiap
pelanggan dan mempertahankan tingkat kepuasan itu dalam jangka panjang.
Untuk
meningkatkan kepuasan ,kita perlu menambahkan nilai pada apa yang kita
tawarkan.
Menambahkan
nilai akan membuat pelanggan merasa bahwa mereka mendapat lebih dari apa yg
mereka bayar bahkan lebih dr apa yg mereka harapkan.
Cara menambahkan nilai
Meningkatkan
kenyamanan
Kecepatan
pelayanan
Mentraining
karyawan sehingga ia dpt menjwb pertanyaan pelanggan dan merekomendasikan
produk yg memuaskan pelanggan.
Keuntungan mempertahankan
pelanggan lama
·
Merekrut pelanggan baru membutuhkan biaya.
Mereka
membelanjakan lebih banyak.
Mereka
menjadi nyaman
Mereka
menyebarkan berita yang positif
Mereka
lebih murah untuk dilayani
Mereka
tidak begitu sensitif terhadap harga
Mereka
lebih memaafkan
Mereka
membuat kita lebih efisien.
Mereka
lebih berpotensi menhasilkan keuntungan yang lebih besar.
Customer Perceived Value (CPV)
CPV
atau nilai yg dipikirkan pelanggan adalah selisih antara evaluasi calon
pelanggan atas semua manfaat serta semua biaya tawaran tertentu dan alternatif
lain yg dipikirkan.
Nilai
pelanggan total ( Total Customer Value), adalah nilai moneter yg
dipikirkan atas sekumpulan manfaat ekonomis,fungsional,dan psikologis,yg
diharapkan oleh pelanggan atas tawaran pasar tertentu.
Biaya
pelanggan total (Total Customer
cost),adalah sekumpulan biaya yg harus dikeluarkan pelanggan utk
mengevaluasi, mendapatkan, menggunakan dan membuang tawaran pasar tertentu
termasuk biaya moneter,waktu,energi dan spikis
Proporsisi
nilai (Value proposition), terdiri atas keseluruhan kelompok
manfaat yg dijanjikan perusahaan utk diserahkan .pada dasarnya proposisi nilai
merupakan satu pernyataan tentang pengalaman hasil yg akan didapat pelanggan
dari tawaran pasar.
Sumber :
1.Customer Relationship Management
Francis
Buttle
2. Secrets Customer Ralationship management
James
G.Barnes
3. Customer Relationship Manajemen : Konsep dan Kasus
Drs.Amin
Widjaya Tunggal Ak.MBA
1 komentar:
I really enjoy reading your scr free credit blog as the postings are so simple to read and follow. Outstanding. Please keep it up. Thanks.
Posting Komentar