Anda Pengunjung Yang Ke-

About Me

Foto Saya
sharing ilmu yukk with bellasallsa
haii..haii nama bella,,Mahasiswa dari salah satu sekolah tinggi di Banjarbaru, q menulis blog ini untuk bisa saling sharing ilmu. jadi bisa nambah-nambah pengetahuan gthu deh. ok kita disini bahasnya santai n ringan aza ya,,sipp...lanjutt....
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.
Butterfly Over Flower Flying
RSS

Makalah Manajemen Logistik dan Manajemen Persediaan


KATA PENGANTAR


Pengelolaan logistik atau yang dikenal dengan sebutan siklus logistik yang terdiri dari perencanaan kebutuhan dan penganggaran; pengadaan; penggunaan; pemanfaatan; pengamanan dan pemeliharaan; penilaian; penghapusan; pemindahtanganan; penatausahaan; pembinaan, pengawasan dan pengendalian merupakan rangkaian kegiatan yang wajib dilaksanakan secara berkesinambungan dengan tujuan agar dukungan logistik dapat berjalan efektif dan efisien.
Agar pelaksanaan pengelolaan logistik dapat diselenggarakan secara profesional, transparan, dan akuntabel di lingkungan Perusahaan atau Industri di Indonesia maka diperlukan penerapan manajemen logistik oleh seluruh Manajemen pengemban tugas fungsi.
Makalah ini dibuat untuk menjelaskan apa itu manajemen logistik dan hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas-aktivitas utama manajemen logistik. Dengan adanya makalah ini diharapkan bisa memberi manfaat untuk para pembaca  dan bisa memberikan gambaran umum tentang manajemen logistik sehingga bisa diterapkan dalam mengelola manajemen logistik nantinya.
Sebagai gambaran umum makalah ini berisi beberapa materi,antara lain:
·         Pengertian manajemen logistik
·         Input dan Output dalam proses logistik
·         Pendekatan sistem / integrasi
·         Aktivitas-aktivitas utama manajemen logistik
·         Definisi customer service
·         Elemen-elemen customer service
·         Dan Manajemen Persediaan
            

                                                                                                             Banjarbaru,01 Mei 2012


Salsabella

BAB I

PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah
                 Tujuan utama dari manajemen logistik adalah mengembangkan operasi yang terpadu. Manajemen kegiatan logistik individual seringkali di bawah pengarahan dan pengawasan dari berbagai departemen dalam suatu perusahaan. Bila dilihat dari siklus fungsi-fungsi logistik maka tahap pertama fungsi logistik adalah rencana kebutuhan logistik. Tahap berikutnya yakni tahap kedua adalah semua kegiatan  menyediakan barang-barang logistik untuk menunjang pelaksanan tugas seluruh organisasi.  Pelaksanaan suatu rencana logistik yang telah direvisi itu biasanya menyangkut modifikasi prosedur operating dan atau perubahan besar dalam jaringan kerja sistem yang ada. Bergantung pada situasi perencanaannya, banyak sekali pengumpulan dan analisa data yang mungkin diperlukan untuk menyelesaikan suatu rencana.

1.2    Rumusan Masalah
               Penulis mengarahkan langkah-langkah yang dijadikan pokok permasalahan dalam pembuatan makalah ini agar sasaran yang hendak dicapai dapat terwujud. Pokok permasalahan tersebut yaitu:
1.      Apakah Manajemen logistic itu dan bagaimana sistemnya?
 2.      Apa yang termasuk aktivitas utama manajemen logistic?
 3.      Apa itu manajemen persediaan dan bagaimana mengelolanya?

1.3    Tujuan Penulisan
            Berdasarkan rumusan masalah diatas dapat diketahui tujuan dari pembuatan makalah, yaitu:
1.      Mengetahui pngertian manajemen logistic dan system mengelolanya.
2.      Mengetahui aktivitas-aktivitas utama dalam manajemen logistik.
3.      Mengetahui apa itu manajemen persediaan dan bagaimana pengelolaannya.




1.4 Manfaat
Manfaat dari penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan mahasiswa/i tentang system manajemen logistic dan manajemen persediaan
1.5 Sistematika Penulisan
BAB I Pendahuluan meliputi: latar belakang, perumusan masalah, pembatasan, tujuan, mamfaat dan sistematika penulisan
BAB II Menguraikan teori yang berhubungan dengan Manajemen logistic dan Customer service sebagai aktivitas utamanya..
BAB III Menguraikan pembahasan tentang manajemen pemasaran
BAB VI Penutup meliputi: Kesimpulan dan saran

                                                                              Bab II

                                                                      PEMBAHASAN


PENGERTIAN MANAJEMEN LOGISTIK
Manajemen logistik merupakan serangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap kegiatan pengadaan, pencatatan, pendistribusian, penyimpanan, pemeliharaan dan penghapusan logistik guna mendukung efektivitas dan efisiensi dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.
Martin (1988) mengartikan manajemen logistik sebagai proses yang secara strategik mengatur pengadaan bahan (procurement), perpindahan dan penyimpanan bahan, komponen dan penyimpanan barang jadi (dan informasi terkait) melalui organisasi dan jaringan pemasarannya dengan cara tertentu sehingga keuntungan dapat dimaksimalkan baik untuk jangka waktu sekarang maupun waktu mendatang melalui pemenuhan pesanan dengan biaya yang efektif.
Berdasarkan definisi di atas, dapat kita simpulkan bahwa manajemen logistik merupakan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan terhadap pengelolaan (siklus) logistik guna mendukung efektivitas dan efisiensi dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.

SISTEM  LOGISTIK
Pada dasar nya Sistem Logistik terdiri dari empat bidang dasar yaitu : Logistik, Pemasaran, Produksi dan Keuangan. Dibawah ini adalah contoh gambar system logistic
TUJUAN MANAJEMEN LOGISTIK
Mendukung efektivitas dan efisiensi dalam setiap upaya pencapaian tujuan organisasi, antara lain :
Ø  mampu menyediakan logistik sesuai dengan kebutuhan, baik berkaitan dengan jenis dan spesifikasinya, jumlah, waktu, maupun tempat dibutuhkan, dalam keadaan dapat dipakai, dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan, dengan harga yang layak, serta dengan memberikan pelayanan yang baik.
Ø  mampu menyediakan informasi berkaitan dengan keberadaan logistik yang dapat dipergunakan sebagai sarana untuk melakukan pengawasan dan pengendalian logistik serta dapat digunakan sebagai instrumen pengambilan keputusan berkaitan dengan tindakan-tindakan manajemen logistik, seperti pengadaan, distribusi dan penghapusan.
Ø  mampu menyediakan logistik yang siap pakai (ready for use) ke unit-unit kerja maupun personel sehingga menjamin kelangsungan aktivitas maupun tugas setiap unit kerja maupun personel dalam suatu organisasi melalui penyelenggaraan pengelolaan gudang dan distribusi secara optimal.
Ø  mampu menjaga dan mempertahankan kondisi teknis, daya guna dan daya hasil logistik, baik secara preventif maupun represif secara optimal guna mendukung optimalisasi fungsional maupun umur barang.
Ø  mampu melakukan pengakhiran fungsi logistik dengan pertimbangan-pertimbangan dan argumentasi-argumentasi yang dapat dipertanggungjawabkan guna mendukung kelancaran pelaksanaan aktivitas maupun tugas, serta mencegah tindakan pemborosan.
Ø  mampu mencegah dan mengambil tindakan antisipatif terhadap berbagai penyimpangan dalam setiap kegiatan pengelolaan maupun penggunaan logistik sehingga selain dapat menekan pengeluaran biaya, baik berkaitan dengan finansial, tenaga, waktu, material, maupun pikiran, juga mendukung kelancaran pelaksanaan aktivitas dan tugas dalam organisasi.
Ø  mampu menyediakan pedoman kerja bagi setiap unit kerja maupun personel sehingga setiap unit kerja maupun personel dapat menjalankan aktivitas maupun tugasnya secara optimal.
Ø  mampu membangun budaya penggunaan logistik secara bertanggung jawab oleh para pegawai di lingkungan organisasi sehingga dapat dicegah dan dihindarkan tindakan penyimpangan maupun pemborosan.

FUNGSI MANAJEMEN LOGISTIK
Penyelenggaraan logistik senantiasa berkaitan dengan proses yang di dalamnya akan melibatkan orang-orang/badan yang harus melakukan kegiatan/usaha secara efektif dan efisien selama jangka waktu tertentu untuk tercapainya suatu sasaran yang ditetapkan, dengan demikian maka misi ini tidak dapat direalisasikan tanpa diterapkannya fungsi-fungsi manajemen dalam penyelenggaraan logistik.
Pada dasarnya fungsi-fungsi manajemen yang diterapkan dalam penyelenggaraan logistik adalah fungsi-fungsi manajemen yang bersifat umum dan mutlak diperlukan pada seluruh aspek kegiatan, meliputi :
v  Perencanaan
Perencanaan logistik merupakan dasar untuk pengarahan dan pengkoordinasian dalam pembinaan sumber-sumber dan pedoman bagi setiap tindak logistik, secara umum perencanaan logistik didasarkan pada :
1.      Program pembangunan kekuatan jangka panjang (25 tahun).
2.      Program pembangunan kekuatan jangka sedang (5 tahun).
3.      Program pembangunan kekuatan 1 tahun.
4.      Penajaman prioritas sasaran yang dikonsentrasikan pada kemampuan operasional yang diharapkan.
5.      Hasil evaluasi data masukan dari satuan bawah dan fungsi-fungsi terkait yang diakomodasikan dalam evaluasi penyelenggaraan logistik.
v  Pengorganisasian
Pengorganisasian setiap kegiatan logistik pada dasarnya merupakan satu sistem atau tatanan yang harus berorientasi kepada tugas dengan program yang jelas namun kenyal. Pengorganisasian logistik dilaksanakan dengan memperhatikan berbagai hal serta dengan pendekatan sebagai berikut :
1.      Pengorganisasian yang diselenggarakan berdasarkan pendekatan tugas.
2.      Pengorganisasian yang diselenggarakan berdasarkan pendekatan komoditi.
3.      Pengorganisasian yang diselenggarakan dengan rentang kendali sependek mungkin.
4.      Pengorganisasian yang diselenggarakan berdasarkan eselonisasi penanggung jawab  pengemban fungsi logistik sesuai struktur organisasi yang berlaku.
v  Pengawasan dan pengendalian
Pengawasan dan pengendalian sebagai fungsi organik pembinaan,yaitu  menyelenggarakan usaha, kegiatan dan pekerjaan untuk menjamin tercapainya tujuan secara efektif, efisien dan sesuai dengan ketentuan/peraturan yang berlaku melalui pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan, pemeriksaan dan tindakan pengendalian yang diperlukan sehingga penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dapat ditekan sekecil mungkin atau minimum dapat dikurangi. Dalam penyelenggaraan pengawasan dan pengendalian  perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
1) Pengawasan dan pengendalian harus berdasarkan pada rencana yang telah ditetapkan.
2) Pengawasan dilaksanakan melalui jalur pengawasan struktural maupun fungsional.
3)Pengawasan dan pengendalian dilaksanakan terpusat sesuai strata demi tercapainya            kesatuan dan keterpaduan upaya.
2.4 Input dan output dalam proses logistik
secara sederhana, dapat didefinisikan sebagai penyediaan suatu barang yang dibutuhkan yang pengadaannya dapat dilakukan langsung oleh pihak yang membutuhkan atau dilakukan oleh pihak lain. Dalam perkembangannya, persepsi tentang logistik berubah, logistik dipersepsikan bukan lagi suatu barang yang dibutuhkan tetapi proses mengadakan barang kebutuhan tersebut dipersepsikan sebagai logistik.
Dalam proses pengadaan barang, berbagai kegiatan harus dilalui. Mulai dari lokasi dimana bahan baku itu dihasilkan diangkut ketempat pengolahan untuk menjadikannya bahan jadi yang selanjutnya didistribusikan kepada pelanggan yang tersebar diberbagai tempat harus dilakukan melalui secara efisien, tepat manfaat dalam waktu yang singkat agar harga produk dapat terjangkau oleh konsumen. Secara schematis pada gambar berikut ditunjukkan proses manajemen logistik.
Beberapa hal yang termasuk sebagai masukan logistik  antara lain :
1.      Sumber daya alam
Sumber daya alam memiliki peran penting dalam kegiatan ekonomi perusahaan. Kebutuhan dari setiap kegiatan bisnis di sebuah perusahaan pasti  diperoleh dari alam.Sumber daya alam ini adalah input utama dalam manajemen logistic.  Sumber daya alam merupakan salah satu modal dasar untuk proses bisnis. Pendayagunaan sumber daya alam ini menjadi factor terpenting dalam penyediaan bahan material yang nantinya akan diproses menjadi suatu produk yang bernilai.

2.      Sumber daya Manusia
Sumber daya manusia merupakan asset penting dalam proses bisnis di lingkungan perusahaan. Sumber daya manusia ini juga disebut sebagai agent of development dimana berhasil tidaknya suatu proses bisnis ditentukan oleh sumber daya manusia itu sebagai pemegang agent of development. Sumber daya manusia adalah salah satu factor produksi dalam suatu lingkup perusahaan dalam hal ini di dalam proses bisnis manajemen logistic sebagai salah satu inputnya.
Dalam pencapaian tujuan sebuah organisasi dalam manajemen logistic ini diperlukan adanya pengelolaan sumber daya manusia,dikarenakan sumber daya manusia yang semakin berkualitas dapat menunjang tercapainya tujuan-tujuan manajemen logistic.
Untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia diperlukan suatu strategi pembangunan sumber daya manusia. Salah satu contoh strategi pembangunan SDM bisa dilakukan dengan pembekalan pendidikan dan pelatihan yang sesuai,pengembangan sistem penilaian prestasi kerja dan sistem pemberian imbalan, mengefektifkan pelaksanaan rekrutmen dan seleksi, perencanaan anggaran untuk sumber daya manusia serta membina hubungan dan komunikasi karyawan.
Era informasi dan teknologi yang berkembang dewasa ini semakin membuktikan bahwa penguasaan teknologi yang baik akan berdampak pada kualitas maupun kuantitas pencapaian tujuan itu sendiri. Agar teknologi dapat dikuasai, maka dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas.

3.      Fasilitas pendanaan
 Pembiayaan menurut Muhammad (2005:304), secara arti luas berarti financing atau pembelanjaan, yaitu pendanaan yang dikeluarkan untuk mendukung investasi yang telah direncanakan, baik dilakukan sendiri maupun dijalankan oleh orang lain. Dalam manajemen logistic fasilitas pendanaan  menjadi fakktor penting yang harus dipikirkan agar  dalam melaksanakan proses manajemen logistic bisa berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
4.      Sistem informasi
Dalam proses manajemen logistic diperlukan adanya system informasi yang diperlukan sebagai input. System informasi ini dibutuhkan sebagai acuan pengambil keputusan untuk tindakan-tindakan yang akan diambil selanjutnya dalam proses manajemen logistic. Dengan adanya pengelolaan system informasi yang baik dan benar maka jalannya proses manajemen logistic bisa berjalan dengan baik, tanpa pengelolaan system informasi yang baik pasti proses manajemen logistiknya tidak akan berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
System informasi sangat berperan penting dalam mendukung perkembangan kemajuan manajemen logistic dalam suatu perusahaan. Sistem informasi digunakan untuk berbagai macam hal yang harus dikelola dalam manajemen logistic baik itu yang berkaitan dengan informasi tentang pengelolaan sumber daya manusianya, mengontrol sumber daya alamnya sebagai input sebuah produk,informasi keuangan,ataupun informasi aliran barang dalam manajemen logistic. Semua informasi diharapkan memberikan informasi yang akurat,cepat dan tepat karena dengan itu pengambilan keputusan bisa menghasilkan keputusan yang akurat, cepat dan tepat pula.




Beberapa hal yang termasuk sebagai keluaran logistik  antara lain :
1.      Keunggulan kompetitip
Keunggulan kompetitif adalah kemampuan perusahaan untuk memformulasi strategi pencapaian peluang profit melalui maksimisasi penerimaan dari investasi yang dilakukan. Sekurang-kurangnya ada dua prinsip pokok yang perlu dimiliki perusahaan untuk meraih keunggulan kompetitif  yaitu adanya nilai pandang pelanggan dan keunikan produk.
      Sudut Pandang Nilai Pelanggan.
Keunggulan kompetitif akan terjadi apabila terdapat pandangan pelanggan bahwa mereka memperoleh nilai tertentu dari transaksi ekonomi dengan perusahaan tersebut. Untuk itu syaratnya adalah semua karyawan perusahaan harus fokus pada kebutuhan dan harapan pelanggan. Hal demikian baru terwujud ketika pelanggan dilibatkan dalam merancang proses memproduksi barang dan atau jasa serta didorong membantu perusahaan merancang sistem Manajemen SDM yang akan mempercepat pengiriman barang dan jasa yang diinginkan pelanggan. 
      Sudut Keunikan.
Keunikan  dicirikan oleh barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan tidak dapat mudah ditiru oleh pesaing. Misalnya Kita membuka rumah makan dengan menyajikan sop dan sate kambing serta sayur asem. Tidak berlangsung lama ada pesaing membuka rumah makan  di sebelah rumah makan Kita. Jenis sajiannya semua sama termasuk rasa dan harga dengan yang Kita sajikan. Dapat terjadi Kita akan kehilangan keuntungan karena sebagian pelanggan pindah ke rumah makan baru itu kecuali kalau Kita mampu menciptakan sesuatu yang unik yang sulit ditiru pesaing Kita.
Keunggulan kompetetip merupakan keluaran yang menjadi tujuan manajemen logistic. Dengan tercapainya tujuan itu maka strategi perusahaan mampu berhasil dalam mengelola manajemen logistiknya. Dan mampu menjadi perusahaan yang kompetetif tanpa ragu kalah oleh pesaing.
2.      Waktu dan tempat
Dalam proses bisnis manajemen logistic,kita harus memperhatikan waktu dan tempat. Dua factor ini menjadi landasan penting dalam membangun proses bisnis, karena dengan memperhatikan dua factor ini jika bisa dijalankan dengan strategi yang bagus dalam merencanakan dan melaksanakannya maka proses bisnis manajemen logistiknya akan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. mampu menyediakan logistik sesuai dengan kebutuhan, baik berkaitan dengan jenis dan spesifikasinya, jumlah, waktu, maupun tempat dibutuhkan, dalam keadaan dapat dipakai, dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan, dengan harga yang layak, serta dengan memberikan pelayanan yang baik.

3.      Perpindahan mulus ke pelanggan
Tujuan yang ingin dicapai oleh manajemen logistic yaitu perpindahan mulus kepelanggan. Setiap pelanggan mengharapkan produk yang bermutu dan memiliki kualitas yang bagus dan tidak cacat saat sudah sampai ketangan pelanggan. Kualitas itu sendiri sering dianggap sebagai ukuran relatif kebaikan suatu produk  Pelanggan yang mendapatkan produk yang diinginkannya sesuai dengan yang ia harapkan maka akan berdampak pada suatu perusahaan. Perusahaan yang berhasil membuat pelanggannya puas terhadap produknya maka ia akan bisa menigkatkan eksistensinya di pangsa pasar.
4.      Ketepatan manfaat
Suatu produk diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Produk ini diciptakan dengan desain produk yang tentu saja sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan. Suatu Produk dibuat tentu saja untuk memberikan manfaat kepada setiap penggunanya,tetapi bagaimana memeberikan manfaat yang tepat terhadap suatu produk untuk pelanggan itu yang harus dipikirkan oleh sutu perusahaan dalam hal ini manajemen logistic.
Ketepatan manfaat yang dihasilkan oleh sebuah produk menjadi tantangan manajemen logistic. Manajemen logistic harus mengelola produknya menjadi produk yang memberikan manfaat kepada pelanggan dengan kualitas dan mutu yang tinggi agar bisa mendapatkan tingkat kepercayaan pelanggan terhadap produknya.
Kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh sistem pengiriman produk, disinilah manajemen logistic berperan penting dalam menghantarkan produk sampai ketangan pelanggannya.

2.5 Pendekatan system/integrasi
Dalam proses bisnis manjemen logistic dalam system pendekatannya dikenal dengan pendekatan kolaboratif dan integrasi. Disini akan dibahas bagaimana pendekatan integrasi itu. Manajemen logistic dalam pengelolaanya hendaknya menerapkan metode Integrasi ini.
Integrasi ini artinya kegiatan bisnis tidak semata memiliki logikapokok untuk memaksimalkankeuntungan, tetapi juga merupakan bagian masyarakat dan diawasi oleh tuntunan moral masyarakat.dan masyarakat memilih cara mempengaruhi dunia bisnis melaluiperaturan, hokum dan mekanisme pasar.




Customer Service
Definisi Customer Service
Pelayanan pelanggan adalah proses pemenuhan pelanggan, yaitu proses untuk memenuhi permintaan konsumen secara keseluruhan. Proses itu termasuk catatan permintaan baik secara manual ataupun elektronik,pembayaran, pemilihan barang, pengirimandan penyediaan barang, serta memberikan pelayanan kepada pemakai barang, juga mengatur penanganan barang untuk barang yang dikembalikan konsumen pada saat complain.

Elemen-elemen Customer service
v  Pre-transaction elements: customer
Layanan pelanggan sebagai factor utama yang muncul sebelum transaksi yang sebenarnya terjadi.
v  Transaction-elements
Langsung berkaitan dengan transaksi dan phisycal dimana mereka yang paling sering berkaitan dengan elemen-elemen distribusi dan logistik .
v  Post-transaction elements
Ini melibatkan elemen-elemen yang terjadi setelah pengiriman dilakukan.




1.               Pre-transaction elements
Pre-transaction elements merupakan penetapan strategi layanan konsumen yang akan dijalankan, menyediakan catatan tertulis tentang kebijakan pelayanan konsumen. Misalnya bagaimana barang dikirim setelah barang diterima. Menetapkan prosedur pengembalian barang (back order) dan metode pengiriman agar pelanggan mengetahui pelayanan yang akan didapat.
Kegiatan pre-transaction elements ini meliputi beberapa kegiatan diantaranya :
v   Written customer service policy
v  Accessibility of order personal
v  Single order contact point
v  Organizational structure
v  Method of ordering
v  Order size constraints
v  System flexibility
v  Transaction elements.
2.                  Transaction-elements
Transaction-elements merupakan penetapan strategi yang menyangkut pelaksanaan pengiriman barang/produk ketangan konsumen. Elemen ini merupakan hasil langsung pada saat pengantaran barang ke konsumen. Mengatur tingkat persediaan barang, dan menyeleksi sarana transportasi.
Kegiatan transaction-elements ini meliputi beberapa kegiatan diantaranya :
v  Order cycle time (siklus waktumulai pesanan s/d pesanan diterima.
v  Order preparation
v  Inventory availability
v  Delivery alternatives
v  Delivery time
v  Delivery reliability
v  Delivery of complete order
v  Condition of goods
v  Order status information.

3.                  Post-transaction elements
Merupakan penetapan prosedur pemberian layanan yang dilakukan untuk menunjang produk yang diproduksi di pasaran.misalnya melindungi konsumen dari produk cacat , menyediakan pengembalian barang, menjamin penerimaan kembali, member garansi dan mendengarkan complain dari pelanggan.
Kegiatan post- transaction-elements ini meliputi beberapa kegiatan diantaranya :
v  Availability of spares
v  Call-out time
v  Invoicing procedures
v  Invoicing accuracy
v  Product tracing/ warranty
v  Return policy
v  Customer complaints and procedures
v  Claims procedures.

Multi fungsi dimensi layanan pelanggan (customer service)
v  Time , bisanya siklus waktu pemenuhan pemesanan
v  Dependability, artinya pengiriman pesanan dengan jaminan yang akurat untuk menghindari pesanan cacat
v  Communication,kemudahan dalam memberikan informasi dalam pemesanan produk ataupun response pertanyaan.
v  Flexibility, kemampuan untuk mengenali dan menanggapi kebutuhan pelanggan yang berubah.

Ada beberapa hal yang dilakukan untuk mengembangkan kebijakan layanan pelanggan
Enam langkah perencanaan untuk mengedintifikasi layanan pelanggan komponen utama :

v  mengidentifikasi elemen utama dari layanan dan mengidentifikasi segmen pasar yang sesuai
v  membangun perusahaan yang kompetetif dengan tingkat jasa yang ditawarkan
v  mengidentifikasi persyaratan layanan yang berbeda untuk segmen yang berbeda
v  mengembangkan paket layanan pelanggan tertentu
v  menentukan prosedur monitoring dan kontrol








Manajemen Persediaan


Definisi: Persediaan merupakan simpanan material yang berupa bahan mentah, barang dalam proses dan barang jadi.
Pengendalian persediaan: aktivitas mempertahankan jumlah persediaan pada tingkat yang dikehendaki. Pada produk barang, pengendalian persediaan ditekankan pada pengendalian material. Pada produk jasa, pengendalian diutamakan sedikit pada material dan banyak pada jasa pasokan karena konsumsi sering kali bersamaan dengan pengadaan jasa sehingga tidak memerlukan persediaan.
MENGAPA PERSEDIAAN DIKELOLA?
1.           Persediaan merupakan investasi yang membutuhkan modal besar.
2.           Mempengaruhi pelayanan ke pelanggan.
3.           Mempunyai pengaruh pada fungsi operasi, pemasaran, dan fungsi keuangan.

JENIS PERSEDIAAN
1.             Persediaan barang jadi biasanya tergantung pada permintaan pasar (independent demand inventory)
Persediaan barang setengah jadi dan bahan mentah ditentukan oleh tuntutan proses produksi dan bukan pada keinginan pasar.


TUJUAN PERSEDIAAN
  1. Menghilangkan pengaruh ketidakpastian (mis: safety stock)
  2. Memberi waktu luang untuk pengelolaan produksi dan pembelian
  3. Untuk mengantisipasi perubahan pada permintaan dan penawaran.
HAL-HAL YANG DIPERTIMBANGKAN
  1. Struktur biaya persediaan.
a.      Biaya per unit (item cost)
b.      Biaya penyiapan pemesanan (ordering cost)
-          Biaya pembuatan perintah pembelian (purchasing order)
-          Biaya pengiriman pemesanan
-          Biaya transportasi
-          Biaya penerimaan (Receiving cost)
-          Jika diproduksi sendiri maka akan ada biaya penyiapan (set up cost): surat menyurat dan biaya untuk menyiapkan perlengkapan dan peralatan.
c.       Biaya pengelolaan persediaan (Carrying cost)
-          Biaya yang dinyatakan dan dihitung sebesar peluang yang hilang apabila nilai persediaan digunakan untuk investasi (Cost of capital).
-          Biaya yang meliputi biaya gudang, asuransi, dan pajak (Cost of storage). Biaya ini berubah sesuai dengan nilai persediaan.
d.      Biaya resiko kerusakan dan kehilangan (Cost of obsolescence, deterioration and loss).
e.       Biaya akibat kehabisan persediaan (Stockout cost)
  1. Penentuan berapa besar dan kapan pemesanan harus dilakukan.

METODA MANAJEMEN PERSEDIAAN
A.       METODA EOQ (ECONOMIC ORDER QUANTITY)
B.        METODA SISTEM PEMERIKSAAN TERUS MENERUS (CONTINUOUS REVIEW SYSTEM)
C.       METODA SISTEM PEMERIKSAAN PERIODIK (PERIODIC REVIEW SYSTEM)
D.       METODA HYBRID
E.        METODA ABC
METODA EOQ
ASUMSI:
  1. Kecepatan permintaan tetap dan terus menerus.
  2. Waktu antara pemesanan sampai dengan pesanan dating (lead time) harus tetap.
  3. Tidak pernah ada kejadian persediaan habis atau stock out.
  4. Material dipesan dalam paket atau lot dan pesanan dating pada waktu yang bersamaan dan tetap dalam bentuk paket.
  5. Harga per unit tetap dan tidak ada pengurangan harga walaupun pembelian dalam jumlah volume yang besar.
  6. Besar carrying cost tergantung secara garis lurus dengan rata-rata jumlah persediaan.
  7. Besar ordering cost atau set up cost tetap untuk setiap lot yang dipesan dan tidak tergantung pada jumlah item pada setiap lot.
  8. Item adalah produk satu macam dan tidak ada hubungan dengan produk lain

    BAB III

     PENUTUP

    KESIMPULAN

    Proses logistik pada dasarnya diarahkan untuk mengoptimalkan faktor produksi, yaitu untuk melakukan optimasi terhadap biaya, waktu dan kualitas. Oleh karena itu penentuan lokasi sangat mempengaruhi logistik. Lokasi dipengaruhi oleh:
    Ø  Biaya produksi, terutama dalam kaitannya ketersediaan tenaga kerja, upah buruh, bahan bakar, dan daerah produksi.
    Ø  Biaya pergudangan dan lokasi penempatan gudang
    Ø  Biaya untuk melakukan dekonsolidasi.
    Ø  Faktor kualitas dari produksi, dekonsolidasi dan transportasi
    Ø  Peluang untuk menggunakan berbagai moda transportasi termasuk biaya dan waktu yang diperlukan.
    Logistik pada gilirannya ditentukan oleh lokasi yang tepat untuk menghantarkan kebutuhan barang kepada konsumen pada harga yang murah, waktu yang tepat dan kualitas yang baik.
    Dengan penegelolaan manajemen logistic dan penelolaan manajemen persediaan yang baik maka tujuan perusahaan bisa tercapai dengan cepat dan tepat. Untuk itu berbagai tantangan harus benar-benar bisa ditangani oleh suatu perusahaan. Kegiatan ini harus didukung dengan pelayanan yang baik dan bisa memberikan kepuasan pelanggan agar setiap produk yang dihasilkan bisa memberikan manfaat yang tepat kepada pelanggan.

    SARAN
    Setiap perusahaan pasti mempunyai tujuan yang sama yaitu bagaimana mendapatkan keuntungan yang tinggi dan membuat setiap pelanggan merasa puas terhadap setiap produknya. Maka dari itu untuk mencapai tujuan itu diperlukan planning yang matang baik itu bagaimana mengelola SDA,SDM,manajemen logistic,manajemen persediaan dan pelayanan pelanggannya,maupun structure organisasinya. Semua aspek itu harus bisa dijalankan dengan prosedur yang sudah diterapkan sebagai strategi suatu perusahaan itu. Sehingga apa yang menjadi tujuan utama sebuah perusahaan bisa tercapai dengan baik.


    DAFTAR REFRENSI

    luluk.staff.gunadarma.ac.id/.../MANAJEMEN+PERSEDIAAN.doc




     
 





 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

6 komentar:

Yolandari mengatakan...

nice share :)

sharing ilmu yukk with bellasallsa mengatakan...

thankz:>

Unknown mengatakan...

blognya keren.... I LIKE

Tegar Dymnastiar mengatakan...

sipp bos

Unknown mengatakan...

saya suka dengan tulisan anda,anda hebat

Unknown mengatakan...

IZIN KUTIP YA GAN

Posting Komentar