Anda Pengunjung Yang Ke-

About Me

Foto Saya
sharing ilmu yukk with bellasallsa
haii..haii nama bella,,Mahasiswa dari salah satu sekolah tinggi di Banjarbaru, q menulis blog ini untuk bisa saling sharing ilmu. jadi bisa nambah-nambah pengetahuan gthu deh. ok kita disini bahasnya santai n ringan aza ya,,sipp...lanjutt....
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.
Butterfly Over Flower Flying
RSS

i'm Back

wahhh sdh lama skali blog ini tidak terladeni tertata dan disentuh.....dkarenakan lupa pasword wkwk ga pnting banget ya... tapi sekarang udah move on lagi nih mau nulis blog...rekap rekap tugas kuliah dan lainnya.... ok guys......cari bahan dlu ah..ting ting .... post again later...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

APLIKASI PENCATATAN ABSENSI MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN SIDIK JARI

APLIKASI PENCATATAN ABSENSI MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN SIDIK JARI.
1.1   Latar Belakang

Pencatatan kehadiran  mahasiswa di STMIK Banjarbaru merupakan hal yang penting dalam suatu perkuliahan. Data Absensi mahasiswa ini nantinya akan digunakan sebagai syarat seorang mahasiswa untuk dapat mengikuti UTS (Ujian Tengah Semester) dan UAS (Ujian Akhir Semester). Mahasiswa minimal menghadiri perkuliahan 70% , data absensi ini digunakan sebagai penambah nilai pada nilai akhir 5%. Data absensi mahasiswa merupakan bukti kalau mahasiswa tersebut menghadiri perkuliahan tatap muka. Absensi mahasiswa digunakan sebagai  tolak ukur kedisiplinan dan kejujuran mahasiswa.
Pada Saat ini STMIK Banjarbaru masih menggunakan system manual dalam pencatatan absensi mahasiswa. Dalam pencatatan secara manual ini banyak ketidakefektifan yang muncul. Seperti mahasiswa dapat memanipulasi data absensi mereka, mahasiswa dapat dengan mudahnya titip absen dengan teman karena system keamanan yang kurang dalam data absensi mahasiswa,hilangnya rekap data absen mahasiswa atau dapat terjadi kesalahan dalam penyalinan data oleh pihak yang berwenang (Akademik ), Sehingga data absensi mahasiswa ini menjadi kurang akurat menurut fungsinya sendiri.
Hal diatas melatarbelakangi pembuatan aplikasi pencatatan absensi mahasiswa dengan menggunakan sidik jari. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat mengurangi bahkan menghilangkan manipulasi  data kehadiran mahasiswa tersebut. Karena sidik jari  merupakan salah satu  ciri unik dari seseorang sehingga setiap mahasiswa pasti mempunyai sidik jari yang berbeda dengan mahasiswa yang lainnya
Dengan pembuatan aplikasi absensi sidik jari ini diharapkan dapat meminimalisir manipulasi data, tidak ada lagi penitipan absen oleh mahasiswa yang berhalangan hadir, dan dapat memudahkan bagian akademik untuk pengaksesan informasi data absensi ini karena dapat diakses cepat dan akurat. Pembuatan aplikasi absensi sidik jari ini dapat mendorong mahasiswa untuk lebih rajin mengikuti perkuliahan tatap muka.
1.2   Identifikasi masalah
Dari penjelasan di atas maka identifikasi masalah sebagai berikut :
·         Factor –faktor apa saja yang membuat ketidakakuratan data absensi mahasiswa
·         Bagaimana membuat suatu aplikasi pencatatan absensi mahasiswa dengan  menggunakan sidik jari yang bisa meningkatkan keakuratan data absensi mahasiswa.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pengaruh Teknologi Informasi terhadap Masyarakat

Pengaruh Positif
  • Informasi yang disampaikan lebih up to date dan akurat karena prosesnya cepat.
  • Komunikasi jarak jauh menjadi sangat cepat dan praktis
  • Menyediakan informasi umum yang dapat menambah wawasan
  • Dengan internet dapat menghemat biaya dan tenaga yang dikeluarkan bila dibandingkan dengan bertukar informasi melalui pos surat
  • Dapat menyelesaikan pekerjaan dengan mudah dibantu perangkat yang semakin berkembang dan praktis
  • Munculnya berbagai jenis jejaring sosial dari adanya teknologi informasi
  • Dapat dengan mudah mencari informasi tentang suatu hal melalui Internet
  • Kita juga dimungkinkan untuk berbelanja melalui internet
  • Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
  • Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perrlu pergi menuju ke tempat penjualan
Pengaruh Negatif Teknologi Informasi
    • Munculnya kejahatan baru, misalnya penipuan dengan cara memanipulasi data pada rekening bank, pencurian informasi berharga melalui sabotase jaringan informasi, virus komputer, penyadapan email, dan lain-lain
    • Pelanggaran terhadap hak-hak privasi
    • Pembajakan lagu dan film
    • Penyebaran hal-hal mengenai pornografi semakin cepat
    • Munculnya budaya plagiatisme
    • Dengan mudahnya informasi dicetak ulang tanpa izin dari pemberi informasi atau tanpa menulis sumbernya
    • Dengan semakin mudah berbelanja lewat internet kita dapat meningkatkan budaya konsumsi yang menimbulkan sifat boros
    • Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu langsung
    • Dari perubahan sifat sosial tersebut mengakibatkan pola perubahan pada interaksi
    • Meluasnya perjudian
    • Dengan mudahnya informasi dicetak ulang tanpa izin dari pemberi informasi atau tanpa menulis sumbernya
    • Dengan semakin mudah berbelanja lewat internet kita dapat meningkatkan budaya konsumsi yang menimbulkan sifat boros
    • Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu langsung
    • Dari perubahan sifat sosial tersebut mengakibatkan pola perubahan pada interaksi
    • Meluasnya perjudian
  • Kesimpulan
  • Kunci yang penting dari jaringan teknologi dalam masyarakat informasi adalah teknologi membantu kita untuk membuat koneksi-koneksi baru. Koneksi-koneksi dimana tantangan tradisional menerima apa yang mungkin, dan ketika hal tersebut menjadi mungkin. Inovasi teknologi dapat menyokong secara nyata untuk memberikan akses yang lebih baik kepada layanan kesehatan, pendidikan, informasi dan pengetahuan, sebagaimana juga menawarkan variasi sarana yang lebih luas dimana masyarakat dapat berkomunikasi, sehingga mendukung promosi pemahaman yang luas dan peningkatan kualitas kehidupan warga dunia.
  • ICT telah memberikan dampak pada cara masyarakat berinteraksi dan membangun komunitas lewat jalan baru dalam memperoleh, menyimpan dan menyebarluaskan informasi kembali kemasyarakat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Soal Uas RTi

1. Jelaskan apa itu Releated Research !
2. Jelaskan apa itu penerapan metode dalam penelitian !
3. Jelaskan apa itu masalah penelitian
4. Sebutkan dan jelaskan aturan dalam mengutip penelitian dari orang lain !

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Soal UAS Metpen 07/01/2013

1. Sebutkan dan jelaskan Tahapan Dasar penelitian !
2. Buat Kerangka Pemikiran dari tugas yang sudah anda buat !
3. Jelaskan metode yang anda pakai dalam tugas !
4. Apa perbedaan Pengujian teori, pengembangan teori dan penemuan teori !
5. Apa Judul Penelitian anda, Rumusan masalah, serta Tujuan yang ingin dicapai !

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Soal UAS CRM 07/01/2013

1. Sebutkan dan jelaskan komponen-komponen penting yang membentuk brand equity !
2. Jelaskan apa itu Customer Equity dan faktor-faktor aapa saja yang mempengaruhi Customer Equity!
3. Sebutkan dan jelaskan Aplikasi-aplikasi dalam CRM !
4. Sebutkan dan jelaskan Pasar CRM yang anda ketahui!
5. Sebutkan dan jelaskan kondisi pendukung rantai nilai CRM !

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Soal UTS Bahasa Indonesia

1. Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan bahasa melayu dijadikan bahasa indonesia dan sebagai lingua franca !
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Forum, diskusi, seminar, saresehan, dan debat , Jelaskan !
3. Jelaskan ragam membaca dalam hati, membaca cepat dan membaca kritik
4. Upaya untuk meningkatkan minat membaca
5. Perbedaan antara mendengarkan dan menyimak

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Soal UTS Metodologi Penelitian

  1. Sebutkan dan jelaskan tujuan dasar penelitian !
  2.  Faktor-faktor mahasiswa memilih komputer, tuangkan dalam latar belakang secara teoritis jika perlu tuangkan hipotesis !
  3. Dari soal no.2 termasuk deskripsi, eksplorasi, atau eksperimen !
  4. Sebutkan dan jelaskan sumber masalah penelitian !

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Soal UTS CRM

1. Jelaskan Definisi CRM !
2. Sebutkan dan Jelaskan Kekuatan dan kelemahan CRM !
3. Apa yang dimaksud dengan nilai, kepuasan dan kesetiaan pelanggan ?
4. Jelaskan dan berikan contoh pengertian Suspect, Prospect, konsumen perdana, Konsumen setia !

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Manfaat ekonomis membangun hubungan dengan pelanggan


Manfaat ekonomis membangun hubungan dengan pelanggan
ž  Banyak pelaku bisnis akan setuju bhw mencapai loyalitas pelanggan adalah hal yg baik.
ž  Pelanggan yg loyal lebih baik dari pada pelanggan yg  kurang loyal.
ž  Memiliki pelanggan yg loyal biasanya menghasilkan dividen sepanjang perjalanan bisnis perusahaan tsb.
Loyalitas
ž  Loyalitas adalah suatu keadaan pikiran
ž  Loyalitas  adalah konsep yg subyektif,konsep yg paling baik didefinisikan oleh pelanggan itu sendiri
ž  Loyalitas sebagai persentase dari total pembelanjaan dlm suatu kategori produk atau jasa.
ž  Loyalitas
IndiKator loyalitas
ž  Waktu
ž  Kontinuitas
ž  Lamanya suatu hubungan
ž  Aspek lain dari loyalitas pelanggan yg mengindikasikan eksistensi hubungan pelanggan adalah kesediaan pelanggan untuk merekomendasikan perusahaan tsb kepada teman, anggota keluarga atau kolega mereka.
ž  Aspek emosional, aspek yg penting yg sering dilewatkan aspek hubungan emosional antara pelanggan yg loyal dgn perusahaan.ikatan emosional inilah yg membuat pelanggan menjd loyal dan mendorong mereka utk terus berbisnis dan membuat rekomendasi utk prsh
Loyalitas
ž  Perilaku
ž  Lamanya suatu hubungan
ž  Pola pembelian
ž  Proporsi pengeluaran
ž  Proporsi pembelanjaan
ž  Berita dari mulut ke mulut.
Penciptaan nilai menuju loyalitas
ž  Problem besar yang dihadapi beberapa perusahaan yg tdk memiliki database atau catatan yg baik ttg pelanggan adalah kesulitan utk mengidentifikasi pelanggan yg pergi.
ž  Tantangannya adalh memberi pelanggan alasan utk tetap tinggal,yg berarti hrs  mengatasi daya tarik insentif harga dgn menambahkan sebebtuk nilai yg melampaui daya tarik hrg tsb.
ž  Untuk meningkatkan loyalitas kita harus meningkatkan tingkat kepuasan setiap pelanggan dan mempertahankan tingkat kepuasan itu dalam jangka panjang.
ž  Untuk meningkatkan kepuasan ,kita perlu menambahkan nilai pada apa yang kita tawarkan.
ž  Menambahkan nilai akan membuat pelanggan merasa bahwa mereka mendapat lebih dari apa yg mereka bayar bahkan lebih dr apa yg mereka harapkan.
Cara menambahkan nilai
ž  Meningkatkan kenyamanan
ž  Kecepatan pelayanan
ž  Mentraining karyawan sehingga ia dpt menjwb pertanyaan pelanggan dan merekomendasikan produk yg memuaskan pelanggan.
Keuntungan mempertahankan pelanggan lama
·         Merekrut pelanggan baru membutuhkan biaya.
ž  Mereka membelanjakan lebih banyak.
ž  Mereka menjadi nyaman
ž  Mereka menyebarkan berita yang positif
ž  Mereka lebih murah untuk dilayani
ž  Mereka tidak begitu sensitif terhadap harga
ž  Mereka lebih memaafkan
ž  Mereka membuat kita lebih efisien.
ž  Mereka lebih berpotensi menhasilkan keuntungan yang lebih besar.


Customer Perceived Value (CPV)
ž  CPV atau nilai yg dipikirkan pelanggan adalah selisih antara evaluasi calon pelanggan atas semua manfaat serta semua biaya tawaran tertentu dan alternatif lain yg dipikirkan.
ž  Nilai pelanggan total ( Total Customer Value), adalah nilai moneter yg dipikirkan atas sekumpulan manfaat ekonomis,fungsional,dan psikologis,yg diharapkan oleh pelanggan atas tawaran pasar tertentu.

ž  Biaya pelanggan total (Total Customer  cost),adalah sekumpulan biaya yg harus dikeluarkan pelanggan utk mengevaluasi, mendapatkan, menggunakan dan membuang tawaran pasar tertentu termasuk biaya moneter,waktu,energi dan spikis
ž  Proporsisi nilai (Value proposition), terdiri atas keseluruhan kelompok manfaat yg dijanjikan perusahaan utk diserahkan .pada dasarnya proposisi nilai merupakan satu pernyataan tentang pengalaman hasil yg akan didapat pelanggan dari tawaran pasar.
Sumber  :
1.Customer Relationship Management
                                Francis Buttle
2. Secrets Customer Ralationship management
                                James G.Barnes
3. Customer Relationship Manajemen : Konsep dan Kasus
                                Drs.Amin Widjaya Tunggal Ak.MBA





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS